Kenali Pemicu Rasa Bosan di Kantor

Emang sih rasa bosan, jenuh, boring dan sejenisnya adalah hal yang sangat manusiawi melanda para pekerja atau siapapun. Rasanya aneh juga kalau hidup ini nggak pernah merasa bosan. Tetapi penyebab kebosanan itu sendiri sangat individual sifatnya pada setiap orang. Sehingga kadar kejenuhan pada tiap orang pun berbeda pula.

Berikut ini adalah beberapa hal yang memicu kebosanan di kantor:
=>  Beban kerja menumpuk
Beban kerja yang ‘menggunung’ melebihi kapasitas memang bisa bikin Anda ‘senewen’. Kalau Anda nggak mampu meng-handle, kepala rasanya mau pecah. Tambah bete lagi kalau beban kerja Anda yang berat itu nggak sebanding dengan beban kerja rekan-rekan satu divisi yang jauh lebih ringan. Rasanya bete banget. Ketika kondisi ini sudah sampai pada puncaknya Anda akan terseret pada rasa bosan yang amat sangat.

=>   Banyak tuntutan
Banyaknya tuntutan kerja tanpa deskripsi yang jelas juga bikin Anda ‘keder’. Akibatnya Anda bingung darimana dan bagaimana cara menyelesaikannya. Kalau kondisinya begini terus menerus, sudah bisa ditebak lama-lama Anda akan bosan.

=>   Sering gagal
Rasanya ungkapan yang mengatakan ‘kegagalan adalah sukses yang tertunda’ adalah hiburan belaka bagi Anda yang sering kali gagal. Padahal kalau gagal terus menerus kapan suksesnya? Jenuh juga kan kalau setiap tugas yang Anda kerjakan selalu ditolak dan nggak pernah dianggap bener oleh bos? Akibatnya Anda akan ‘down’ dan boring banget di kantor.

=>   Nggak sempet refreshing
Saking banyaknya kerjaan seringkali mengharuskan Anda ‘lembur’. Bahkan di hari libur seperti Sabtu dan Minggu dimana seharusnya Anda beristirahat pun Anda mesti masuk untuk menyelesaikan tugas. Tahu nggak, kerja terus menerus seperti ini sampai Anda nggak bisa refreshing sama sekali adalah penyebab rasa bosan yang akut. Lagian siapa juga sih yang tahan capek terus-menerus? Kalau capek lalu refreshing sih masih mending, rasa jenuh dan bete bisa ilang seketika. Tapi kalau saking sibuknya, Anda sampai nggak bisa refreshing, yang ada cuma rasa lelah dan jenuh yang berkepanjangan.

Lalu gimana mengatasinya? Untuk menanggulanginya, tentu saja Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Kemudian lakukan tindakan untuk mengatasinya. Misalnya jika Anda jenuh akibat nggak sempet rekreasi, maka sempatkanlah rekreasi. Jangan cuma bisa sedih, stres, dan manyun aja. Kalau cuma pasrah, rasa bosan Anda bisa berlanjut pada tahap ‘kelelahan mental’, lama-lama bisa stres berat loh! Makanya bangkit dan enyahkan rasa jenuh Anda itu. Kalau rasa bosan sudah bisa diatasi, dijamin Anda nggak feeling blue lagi deh…!

Tulis komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s